Wednesday 24 January 2018

Aksi Magnet Yang Disebabkan Arus Listrik

Salah satu fungsi utama dari kelistrikan adalah menimbulkan kemagnetan. Disini saya akan bahas mengenai magnet alam dan sedikit menyinggung tentang hubungan antara arus listrik dengan kemagnetan.
MAGNET ALAM
1.magnet
Kita semua mengetahui bahwa akan terjadi kemagnetan disekeliling magnet. Magnet akan menarik metal(logam) karena mempunyai kemagnetan.
Semua benda yang mempunyai kemagnetan disebut magnet.
Bila magnet diletakkan pada serbuk besi, serbuk besi akan menempel pada ujung dari magnet dan tidak ada yang menempel pada bagian tengah magnet. Tempat(bagian) pada magnet yang mempunyai kemagnetan yang kuat disebut dengan kutub magnet atau kutub.
Bila magnet batang digantungkan dengan sebuah tali, maka magnet akan menunjukan ke arah kutub selatan dan kutub utara bumi. Kutub yang menunjukan kearah kutub utara bumi disebut kutub utara(U), dan kutub yang menunjuk ke kutub selatan bumi disebut kutub selatan(S). Magnet selalu mempunyai kutub U dan S.
Bila dua magnet diletakan berdekatan satu dengan yang lain, kutub yang sama(misal: kutub S bertemu kutub S) akan saling tolak menolak, sedangkan kutub yang berbeda(kutub U bertemu kutub S) akan saling tarik menarik satu sama lain. Gaya tarik menarik dan tolak menolak disebut gaya magnet.
2.medan magnet dan fluksi magnet
Bila serbuk besi ditaburkan diatas kaca dan sebuah magnet berbentuk tapal kuda ditempatkan dibawah kaca, serbuk besi akan membentuk formasi seperti gambar dibawah ini.
Serbuk besi nampaknya tersebar disepanjang garis garis yang tidak terlihat. Garis garis ini disebut garis gaya magnet(magnetic line) dan secara keseluruhan disebut fluksi magnet(magnetic flux). Meskipun tidak terdapat serbuk membentuk garis gaya magnet, dianggap seolah olah ada disekeliling magnet.
Fluksi magnet mempunyai beberapa karakteristik:
a.fluksi magnet dimulai dari kutub Udan berakhir di kutub S suatu magnet atau magnet magnet.
b.arah dari fluksi magnet adalah sesuai dengan arah kutub U jarum magnet bila jarum berada didalam fluksi.
c.seperti halnya sabuk karet, garis gaya magnet didalam fluksi berusaha sependek mungkin dengan poros U-S dari medan magnet. Pada saat yang sama, cenderung menolak garis  gaya magnet lainnya yang searah, sehingga juga cenderung  membentuk busur keluar dari poros U-S.
Ini menandakan bahwa serbuk besi dipengaruhi oleh kedua kutub U dan S dari magnet tersebut.
HUBUNGAN ARUS LISTRIK DAN KEMAGNETAN
ketika arus dialirkan melewati sebuah penghantar maka akan timbul kemagnetan dan disekitar penghantar akan timbul garis garis gaya magnet.

No comments:

Post a Comment