Thursday 18 January 2018

Penjelasan Obeng Secara Singkat Dan Jelas

Di dalam bengkel otomotif ada dua jenis alat bantu kerja yaitu alat tangan dan alat mesin. Dengan kata lain alat tangan adalah alat bantu kerja yang penggunaannya selalu menggunakan tenaga tangan manusia. Obeng termasuk alat tangan.
Obeng ada dalam satuan set dalam ukuran dan bentuk penggerak yang berbeda. Panjang, pendek, sangat pendek(buntung). Obeng terdiri dari batang yang terbuat dari baja keras berkualitas tinggi dengan satu mata pada satu ujungnya dan gagangnya terbuat dari plastik.
Obeng digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan sekrup dari komponen komponen kendaraan seperti lampu kepala, pelindung radiator, dan untuk melepas pengikat seperti sekerup sekerup kotak dan baut baut talang. Obeng juga dapat digunakan untuk pekerjaan lain seperti mencongkel cetakan, badge, emblem, dan menekan/mendorong seperti pemasangan penghapus kaca.
Ada dua jenis utama obeng, yaitu:
1.obeng standar
2.obeng kembang
Obeng standar (obeng pipih)
Obeng standar mempunyai bilah pipih dan ini digunakan untuk melepas atau mengganti pengikat (fastener) seperti sekrup pengetap sendiri dan baut baut kotak, seperti juga halnya mencungkil cetakan, badge, lis pintu dan lain lain. Obeng pendek (stubby) yang lebih kecil mempunyai batang pendek dan digunakan pada area dimana tidak diperlukan gaya penuasan.

Obeng phillip (kembang)
Obeng kembang mempunyai mata berbentuk (+), digunakan untuk melepas atau mengencangkan sekrup kepala kembang. Sekerup ini banyak digunakan sebagai pengikat untuk grill, lampu kepala, lampu belakang, dan lain lain. Obeng jenis ini memungkinkan gaya puntir yang besar dan kecil kemungkinan terjadi slip pada kepala sekrup.


No comments:

Post a Comment