Wednesday 17 January 2018

Penting!!! Keselamatan Kerja Di Perbengkelan Otomotif Yang Wajib Kamu Ketahui

Definisi keselamatan kerja atau safety yaitu suatu usaha untuk menciptakan keadaan lingkungan kerja yang aman dan bebas dari kecelakaan.
Keselamatan kerja adalah nomer satu dalam suatu pekerjaan. Apapun pekerjaannya kita tetap harus memerhatikan keselamatan kerja, baik untuk keselamatan kerja manusia yang bekerja ataupun keselamatan alat dan bahan yang dipakai.

Berikut kita bahas keselamatan kerja yang harus diperhatikan di perbengkelan otomotif.

1.kenakan celana tanpa kantong yang tidak tertutup, karena kantong celana dapat kemasukan bunga api atau zat zat yang merugikan.
2.kenakan sepatu yang sesuai dan dalam kondisi baik. Sepatu usahakan bersol kuat dan bersol baja yang ditengahnya dapat melindungi dari luka akibat benda tajam dan paku yang menonjol. Perlindungan utama terhadap benda, sepatu bersol baja ditengahnya melindungi dari kejatuhan benda benda berat.
3.jaga rambut panjang dengan topi atau penutup kepala yang rapat seperti disarankan dalam peraturan. Apabila rambut anda panjang dapat dengan mudah tersangkut mesin, misal mesin bor, beberapa orang terluka karena itu.
4.jangan memakai cincin atau jam karena sangat berbahaya hingga anda dapat kehilangan jari jari. Ketika bekerja pada kendaraan tersangkut mesin dapat menyebabkan hubungan pendek arus listrik sehingga menyebabkan kebakaran.
5.gunakan perlengkapan perlindungan pribadi  yang sesuai dengan pekerjaan. Beberapa peralatan perlindungan yang tersedia harus digunakan secara benar pada semua situasi kerja. Sehingga dapat menyelamatkan diri dari kemungkinan terluka.
6.kenakan kacamata penyelamat ketika menggunakan Gerinda atau mesin bubut dan beberapa tugas lainnya agar debu atau material tidak dapat masuk ke mata.
7.hindari berbaring pada lantai beton atau lantai sejenis ketika bekerja dibawah kendaraan. Gunakan selalu kain krep atau bahan penutup untuk berbaring karena berhubungan dengan lantai dingin dapat merusak kesehatan, terutama dalam waktu lama.

Itulah keselamatan kerja di bengkel otomotif yang harus kamu perhatikan. Tetap berhati hati dalam bekerja.

No comments:

Post a Comment