Friday 16 February 2018

Tata Cara Pemakaian Micrometer Yang Baik Dan Benar

Outside dan Inside micrometer ialah alat presisi, masing masing untuk mengukur diameter luar dan dalam. Alat ini lebih teliti dari pada vernier, dapat mengukur sampai ketelitian 0,01mm.
OUTSIDE MICROMETER
1.Konstruksi
Outer sleeve dan thimble mirip dengan skala utama dan skala vernier pada vernier caliper. Jangkauan ukurnya mencapai 25mm, dari 0 sampai 25mm, dari 25 sampai 50mm, dari 50 sampai 75mm, dan seterusnya.
2.Prinsip Pengukuran
Jika jarak ulir ialah 1mm, baut bergerak 2mm dan seterusnya. Inilah prinsip pengukuran dengan micrometer. Pada benda sebenarnya, mur berarti inner sleeve dan baut ialah spindle.
Jarak ulir sleeve ialah 0,5mm. Sedangkan disekeliling thimble skala dibagi dalam 50 strip. Jika thimble berputar satu kali, spindle bergerak sebanyak satu strip, bila spindle bergeser satu strip dari thimble maka berarti bergerak 0,01 (0,5mm x 1/50).
3.Pemeriksaan Dan Kalibrasi Micrometer
》Memeriksa Tanda "O"
sebelum dipakai untuk mengukur, micrometer harus dikalibrasi terlebih dahulu. Bersihkan anvil dan spindle dengan kain bersih. Kemudian putar ratchet stopper sampai anvil dan spindel bersentuhan. Putarkan stopper 2 atau 3 kali sampai diperoleh penekanan yang cukup. Kuncikan spindle pada posisi ini dengan lock clamp.
☆PENTING☆
Putarlah ratchet stopper perlahan lahan, jika terlalu cepat, thimble berputar lebih karena inertia dari thimble, sehingga pembacaan menjadi salah.
Micrometer telah dikalibrasi dengan benar jika titik "O" thimble lurus dengan garis pada outer sleeve.
》Menyetel Titik "O"
-Jika kesalahannya 0,02mm atau kurang. Kuncilah spindle dengan lock clamp. Kemudian dengan memakai penyetel putarlah outer sleeve sampai tanda "O" thimble lurus dengan garis. Setelah penyetelan selesai, periksalah kembali tanda "O".
-Jika kesalahannya melebihi 0,02mm. Kuncilah spindle dengan lock clamp, kendorkan stopper sampai thimble bebas, luruskan tanda "O" timble dengan garis pada outer sleeve dan kencangkan kembali ratcher stopper. Setelah penyetelan selesai, periksalah kembali titik "O" untuk meyakinkan bahwa micrometer telah dikalibrasi dengan benar.
5.Peringatan Penting
-sebelum dipakai, periksalah titik "O" jika perlu lakukan kalibrasi.
-sebelum diukur, bersihkanlah benda yang akan diukur dengan kain bersih.
-jepitlah micrometer dengan frame, putarlah thimble ke arah benda yang diukur, dan putarlah ratchet stopper sampai menyentuh spindle. Putarlah kembali stopper 2 sampai 3 kali agar penekanan lebih meyakinkan, kemudian baca.
☆PENTING☆
JANGAN MEMUTAR THIMBLE UNTUK MEMPEROLEH PENEKANAN.
-ulangilah pengukuran beberapa kali agar kesalahan sekecil mungkin.
INSIDE MICROMETER
Inside micrometer kelihatannya seperti outside micrometer tanpa kerangka. Tingkat pengukuran inside micrometer ialah 25mm, dan prinsip pengukurannya sama dengan outside micrometer
Peringatan Penting
Penggunaan inside micrometer lebih sukar daripada outside micrometer. Sebagai contoh, untuk mengukur diameter silinder, peganglah grip pada inside micrometer dan sentuhlah anvilnya pada satu sisi. Putarkan thimbel perlahan lahan sampai anvil  menyentuh sisi yang lain.
Posisi micrometer harus benar, gerakan micrometer  secara vertical sampai didapat pembacaan yang paling kecil. Kemudian gerakan secara horisontal sampai didapat pembacaan yang terbesar. Gambarkan garis imajinasi yang melewati garis horisontal, kemudian gambarkan imajinasi garis vertikal. Letakan spindle pada point garis yang saling memotong dan ukurlah bagian dalam diameter.
Tata Cara Penggunaan Micrometer


No comments:

Post a Comment