Thursday 17 May 2018

Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

Bulan Ramadhan selalu dinantikan oleh setiap umat Muslim. Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim, termasuk juga ibu hamil dan menyusui. Alhamdulillah, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan berpuasa di lain waktu dan membayar fidyah.
Ibu yang menyusui di bulan puasa sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatannya, berkaitan dengan pola makan dan dehidrasi (kekurangan cairan). Sangat dianjurkan untuk tidak berpuasa bagi ibu yang sedang menyusui bayi berusia 0-6 bulan, karena ibu menyusui bayi secara rutin setiap 2-3jam/hari. Bayi sangat membutuhkan ASI eklusif sampai 6 bulan yang merupakan sumber energi dan gizi bagi bayi. Sebelum memutuskan untuk berpuasa akan lebih baik ibu mempertimbangkannya terlebih dahulu. Bagi ibu menyusui yang tetap ingin melakukan ibadah puasa sebaiknya memperhatikan kesehatan.



TIPS PUASA UNTUK IBU MENYUSUI

  • Tetap tenang dan percaya diri


Tetap tenang beribadah dan percaya diri terus menyusui, jangan merasa khawatir ASInya akan berkurang, sebab rasa cemas tersebut justru akan menghalangi kerja hormon Oksitosin mengeluarkan ASI dari payudara, sehingga akan nampak seolah-olah ASI ibu berkurang. Ingatlah bahwa menyusui pun juga ibadah.
  • Perbanyaklah Minum Air Putih

Ibu menyusui sambil puasa pasti sangat kekurangan cairan. Karena itu saat malam hari perbanyaklah minum air putih atau mengkonsumsi jus buah/sayuran dan susu. Ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa dan menjaga kesehatan tubuh ibu.
  • Istirahatlah yang Cukup

Jadwalkan untuk istirahat yang cukup, ini untuk mengurangi rasa lemas dan lesu pada tubuh. Anda dapat melakukkannya dengan cara tidur atau menenagkan pikiran dan berfikir posistif.
  • Memakan Buah Kurma

Ini pasti para ibu suka, yaitu makan buah kurma, bisa juga alternatif lain seperti minum madu atau Jus kurma susu. Kurma sering dikonsumsi pada saat bulan puasa dan memiliki banyak manfaat.

No comments:

Post a Comment