Wednesday 23 May 2018

Ibu Hamil Wajib Baca! Tips Puasa Ibu Hamil


Puasa di bulan Ramadhan merupakan sebuah kewajiban umat islam di seluruh dunia. Walaupun ibu hamil memiliki kelonggaran untuk tidak berpuasa, namun sebenarnya  berpuasa masih bisa dilakukan dengan memperhatikan kondisi ibu hamil. Ibu hamil diperbolehkan untuk melakukan puasa khususnya selama bulan ramadhan. Ibu hamil tentunya dalam menjalankan puasa akan sangat berbeda ketika tidak sedang hamil, diperlukan kiat-kiat khusus agar puasa yang dijalankan benar-benar menjadi sebuah ibadah nan barokah dan tetap menjadikan kandungan yang sedang dijalani senantiasa sehat. Tips puasa ibu hamil:

Batalkan puasa bila anda (ibu hamil) mengalami:
  • Muntah-muntah lebih dari 3 kali karena dapat mengakibatkan dehidrasi
  • Diare disertai rasa mulas dan melilit
  • Mimisan akibat pecahnya pembuluh darah yang menandai kondisi tubuh tidak stabil
  • Lemas, pusing disertai mata berkunang-kunang
  • Keringat berlebih terutama keringat dingin yang menandai ibu hamil tak kuat lagi berpuasa


Berikut tips puasa bagi ibu hamil supaya tetap bugar:
  1. Tetap tenang dan hindari stress selama berpuasa. Wanita hamil yang berpuasa memiliki hormon stress yang lebih tinggi.
  2. Upayakan untuk berada di dalam ruangan yang sejuk untuk menghindari risiko terjadinya dehidrasi. Dehidrasi pada ibu hamil dapat membahayakan.
  3. Hindari mengangkat Jika Anda merasa lelah, maka cobalah untuk rileks dan beristirahat sejenak.
  4. Untuk ibu hamil yang bekerja, periksa kemungkinan kantor dapat mengurangi jam kerja atau memberikan waktu istirahat ekstra selama bulan puasa.
  5. Pilihan makanan saat sahur dan berbuka sangat penting bagi ibu hamil yang Disarankan mengonsumsi makanan karbohidrat kompleks dan makanan yang mengandung serat tinggi, seperti produk gandum utuh, sayuran dan buah kering.
  6. Hindari makanan manis karena dapat mengakibatkan kadar gula darah naik dan turun dengan cepat. Perubahan kadar gula darah yang terlalu cepat dapat menyebabkan lemas dan pusing.
  7. Penuhi kebutuhan protein dari kacang-kacangan, telur dan daging yang sudah matang.
  8. Penuhi kebutuhan air per hari sekitar 1,5-2 liter pada saat sahur dan berbuka. Hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi, karena dapat memicu terjadinya dehidrasi.

No comments:

Post a Comment