Thursday 28 November 2019

Pengertian dan Macam Macam Gaya Renang

berenang

Renang merupakan olahraga aquatik. Renang adalah upaya untuk menggerakkan atau mengapungkan tubuh ke atas permukaan air. Renang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan bantuan. Renang merupakan cabang olahraga yang menggunakan anggota tubuh, terutama bagian tangan dan kaki untuk bergerak di air.

Berikut ini beberapa macam gaya renang yang dikenal banyak orang :

  • Renang Gaya Dada
Dalam renang gaya dada posisi bahu sejajar dengan air, kedua tangan menjulur kedepan, bersamaan dengan saat majunya badan, lalu tangan kembali kebelakang dibawah permukaan air sambil mendorong badan dan berusaha agar dapat melaju dengan cepat. Kedua kaki ditekuk kearah badan, kemudian diteruskan gerakan melingkar keluar hingga lurus kembali(kaki mendorong badan berusaha agar menambah kecepatan laju).

  • Renang Gaya Bebas
Renang gaya bebas adalah gerakan renang yang dilakukan dengan cara menelungkupkan badan, tangan dan kaki melakukan tarikan dan tendangan air. Dalam renang gaya bebas tubuh berada pada posisi datar di atas air dan bahu agak ke belakang. Sementara posisi kaki berada beberapa inci di bawah permukaan air. Hal yang perlu diperhatikan dalam renang gaya bebas adalah mempertahankan wajah dan pandangan mata ke depan.
  • Renang Gaya Punggung
Gaya punggung merupakan gaya renang yang disukai para perenang karena wajah perenang berada dipermukaan air sehingga memudahkan perenang untuk bernafas. Kelemahan renang gaya punggung adalah perenang tidak dapat melihat ke arah depan atau ke arah yang dituju.

No comments:

Post a Comment